Andriy Shevchenko: Striker Top, Pelatih Jempolan

Jakarta – Andriy Shevchenko membuat riwayat baru untuk Tim nasional Ukraina. Dia jadi orang pertama di negaranya yang tampil di Piala Eropa dengan tiga status berlainan.

Ukraina sukses menaklukkan tuan-rumah Portugal 2-1 dalam kelanjutan Kwalifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (15/10) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Andriy Yarmolenko dkk pastikan satu ticket maju ke Piala Eropa tahun kedepan. Tempat mereka di pucuk klassemen Group B dengan pencapaian 19 point diyakinkan tidak akan tersusul siapa saja.

Kesuksesan ini membuat Ukraina maju ke Piala Eropa untuk ketiga kalinya dengan berturut-turut, yaitu di tahun 2012, 2016, serta 2020. Prestasi ini semakin berasa spesial buat Sheva, karena dia tetap berperan serta di tiga kompetisi itu.

Pada edisi 2012, Ukraina jadi tuan-rumah bersama dengan Polandia. Sheva yang waktu sedang di penghujung karirnya tampil dengan status kapten team. Dia cetak dua gol sepanjang kompetisi, tetapi tidak berhasil bawa Ukraina selamat dari babak group. Sesudahnya, Sheva putuskan pensiun dari sepakbola, dengan catatan 111 caps serta 48 gol untuk Tim nasional Ukraina. Dia lalu dikit menepi dari sepakbola serta terjun ke dunia politik.

Baca Juga : Buat Lindelof, Solskjaer Sudah Pas untuk MU

Empat tahun sesudah gantung sepatu, baru Sheva kembali pada dunia sepakbola. Dia dipilih jadi asisten pelatih Ukraina, Mykhaylo Fomenko pada Februari 2016, empat bulan mendekati Piala Eropa di Prancis. Jadi bekas pemain yang kenyang pengalaman internasional, dia diinginkan dapat menolong tampilan beberapa pemain Ukraina. Tetapi apes buat Fomenko, Ukraina tersisih cepat sesudah jadi juru kunci di group dengan menelan tiga kekalahan serta tidak berhasil cetak sebiji gol juga.

Selesai mimpi jelek itu, Fomenko mundur. Sheva juga dipilih menggantikannya. Ini jadi kiprah pelatihannya di sepakbola. Yang namanya permulaan sama dengan ketidakberhasilan. Hal sama berlaku buat Sheva. Ukraina tidak berhasil dibawa olos ke Piala Dunia 2018. Walau demikian, dia masih dipertahankan. Sheva juga lalu membayar keyakinan itu. Perlahan-lahan, hasilnya mulai kelihatan.
Pada arena UEFA Nations League 2019 lalu, Ukraina sukses dibawa promo dari liga B ke liga A. Selanjutnya di Kwalifikasi Piala Eropa 2020, Sheva membuat teamnya tidak terkalahkan sampai sekarang.

Enam kemenangan serta satu hasil seimbang mengantarkan
Ukraina kembali maju ke Piala Eropa 2020. Ukraina mengangkangi Portugal, yang awalnya lebih dijagokan dapat selamat lebih dulu serta menjadi juara group.

Sukses Sheva mengantarkan Tim nasional Ukrania ke Piala Eropa 2020 berlangsung cuma satu pekan sesudah ia dirumorkan akan kembali pada AC Milan jadi pelatih. Sheva salah satu penyerang paling baik yang pernah dipunya Rossoneri. Di Italia ia jalani periode terbaik, dimana dia sukses bawa Rossoneri memenangkan Liga Italia, Coppa Italia, serta Liga Champions, plus memenangkan Ballon d’Or.