Giampaolo Dipecat, AC Milan Ganti Pelatih Tiap 10 Bulan

Jakarta – Marco Giampaolo meningkatkan panjang daftar pelatih yang dikeluarkan AC Milan dalam beberapa waktu paling akhir. Rata-rata Rossoneri ubah pelatih setiap 10 bulan.

Rossoneri baru mengeluarkan pelatih mereka, Marco Giampaolo, pada Selasa (8/10). Walau sempat dibela oleh manajemen Milan, tetapi nyatanya dia cuma bertahan sepanjang tujuh laga saja, mengejar rangkaian hasil jelek yang didapat Suso dkk.

Pemecatan itu membuat kebersamaan Giampaolo dengan Milan cuma bertahan sepanjang 111 hari saja. Diluar itu, dilepasnya Giampaolo makin memperjelas begitu hobinya Milan bergonta-ganti pelatih semejak mereka melepas Massimiliano Allegri, pelatih paling akhir yang memberikan mereka Scudetto, pada Januari 2014 yang lalu.

Selanjutnya, telah ada 7 pelatih yang pernah duduk di bangku panas Milan. Tetapi tidak satupun yang dapat bertahan sepanjang Allegri, ditambah lagi menyamakan pencapaiannya.

Baca Juga : Performa Jeblok Bikin MU Terancam Kehilangan Rp 346,2 Miliar

Clerence Seedorf jadi pelatih pertama yang dipilih pascahengkangnya Allegri. Dia cuma bertahan sepanjang 144 hari. Sesudahnya, Filippo Inzaghi yang masuk. Pippo cuma bertahan di Milan sepanjang musim 2014/15, persisnya 372 hari. Musim selanjutnya, Il Diavolo Rosso mengambil Sinisa Mihajlovic.

Walau bawa Milan ke final Coppa Italia, pelatih dari Serbia itu cuma bertahan sepanjang 301 hari sebab Milan tampil labil di Liga Italia. Substitusinya, Christian Brocchi, lebih kronis. Dia cuma diberi waktu sepanjang 77 hari saja, atau lebih persisnya mengakhiri musim 2015/16.

Pada musim 2016/17, Milan dinahkodai Vincenzo Montella. Dia sukses bawa Milan memenangkan Piala Super Italia 2016. Walau demikian, dia dikeluarkan pada pertengahan musim selanjutnya. Keseluruhan, Montella menggarap Milan sepanjang 514 hari. Dia selanjutnya diganti Gennaro Gattuso.

Bersama dengan Rhino, Milan 2x maju ke Liga Europa. Tetapi sebenarnya Gattuso dibebani sasaran maju ke Liga Champions. Tidak berhasil memenuhinya, dia juga tidak meneruskan kontraknya. Dia bertahan di Milan sepanjang 547 hari. Gattuso juga diganti oleh Giampaolo yang sekarang telah dikeluarkan.

Bila dijumlahkan, ke-7 pelatih itu menggarap Milan sepanjang 2066 hari. Bila dirata-ratakan, Milan cuma dapat bertahan dengan seseorang pelatih sepanjang 295 hari saja, atau seputar 10 bulan.

Secara singkat periode beberapa pelatih ini sebenarnya lumrah dimengerti. Dalam kurun waktu itu, Milan telah tidak dengan status club papan atas dengan segudang bintang. Ini berlainan dengan masa Allegri. Sebabnya, finansial mereka tidak sekuat dahulu.

Tetapi direksi club yang tidak sabaran tetap memberi sasaran tinggi pada beberapa pelatih ini. Mengakibatkan, waktu prestasi Milan susah ikut, beberapa pelatih ini jadi kambing hitamnya.