Jokowi Soal Penunjukan Wakil Panglima TNI: Bisa Pekan Depan, Bisa Tahun Depan

Agen Judi Online – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali hidupkan jabatan wakil panglima TNI. Tetapi, Jokowi memperjelas belumlah ada nama yang dipilih untuk isi jabatan itu.

“Ya kelembagaannya kan telah ada, telah di tandatangani. Itu telah saran lama. Tapi untuk pengisian memanglah belum. Dapat minggu kedepan, dapat bulan depan, dapat tahun kedepan,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Jokowi menjelaskan proses penentuan wakil panglima TNI belum ditetapkan. Tetapi ia pastikan nanti calon wakil panglima TNI akan diusulkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga : Bos MotoGP Sampai Prihatin dengan Situasi Lorenzo di Repsol Honda

“Ya tentunya (saran) dari Panglima,” katanya.

Selanjutnya Jokowi menerangkan fakta hidupkan kembali jabatan wakil panglima TNI. Karena, menurutnya, hal tersebut bisa memudahkan kerja panglima TNI dalam mengurus TNI yang menyebar di semua Indonesia.

“Mengurus, mengurus satu manajemen yang besar. Coba berapakah TNI kita yang menyebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Jika Polri, di Polri saja ada kapolri serta wakapolri. Jaksa agung ada wakil jaksa agung ya kan. Di BIN ada kepala BIN ada waka (wakil kepala) BIN ya kan,” papar Jokowi.

Melalui Ketentuan Presiden (Perpres) Nomor 66/2019, TNI mempunyai pos wakil panglima. Tiga kepala staf, yakni KSAD, KSAL, serta KSAU, berkesempatan diangkat jadi wakil panglima TNI.