Pemilu 2019 Sudah Selesai, yang Kalah Ayo Legowo

Pemilu 2019 Sudah Selesai, yang Kalah Ayo Legowo

JAKARTA – Kekalahan dalam pesta demokrasi lima tahunan, baik Pileg maupaun Pilpres 2019, bisa menimpa siapa saja calonnya. Hal tersebut tentu hal yang biasa.

Cara menanggapi kekalahan itulah yang menjadi sorotan, apakah menerima dengan legowo? Atau malah tidak bisa menerima kekalahan itu.

Salah satu caleg yang bisa menerima kekalahannya adalah putra asli Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di Provinsi Riau, Muhammad Maliki Caleg dari NasDem. Dalam Pileg 2019 lalu, dia meraup suara ketiga terbanyak di Kabupten Rokan Hilir, dengan mengumpulkan sebanyak 13.226 suara.

Walaupun begitu, Maliki tidak bisa duduk sebagai anggota dewan di DPR RI tahun 2019. Meski gagal, dia memastikan tidak akan kendur untuk tetap memperjuangkan kemaslahatan rakyat.

“Ini bukan kegagalan, tapi keberhasilan yang tertunda. Sebagai generasi milenial dan anak muda Riau, kita harus memiliki jiwa kesatria. Tahun ini pertarungan yang luar biasa, karena bisa bersaing dengan 1 mantan menteri, 1 mantan sekretaris menteri, 2 mantan gubernur, 1 mantan wakil gubernur, 2 mantan bupati dan ada 7 petahana DPR RI,” kata Maliki, Selasa (21/5/2019).

Dia mengungkapkan, tahun politik ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan baginya. Sekaligus menjadi guru terbaik. Menurutnya, ini bukan persoalan menang atau kalah, tapi bagaimana masuk kedalam lingkaran demokrasi yang langsung dipilih oleh rakyat Indonesia.

“Apalagi, NasDem mendapatkan urutan kedelapan Dapil Riau 1 untuk DPR RI. Ini suatu prestasi yang membanggakan bagi saya. Bisa secara sportif dengan politikus yang lebih senior dari saya. Mereka adalah guru terbaik dalan pemilu tahun ini bagi saya. Saya pun lebih memahami dan tahu bagaimana demokrasi sejati yang sesungguhnya,” kata dia.

Baca Juga : MAN CITY SIAP TUKAR GABRIEL JESUS DENGAN GELANDANG ATLETICO MADRID

Maliki pun berterima kasih kepada masyarakat Dapil Riau 1, yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Siak, Pekanbaru, Rokan Hulu dan Pelalawan, serta secara khusus untuk seluruh masyarakat Riau yang telah memberikan kepercayaan dan amanah pada dirinya.

“Terimakasih untuk masyarakat Riau, yang sudah menjalankan pemilu dengan damai. Apapun hasil yang diumumkan nantinya oleh KPU RI, itulah yang terbaik dan itulah pemimpin kita selama 5 tahun kedepan. Diharapkan perwakilan rakyat yang duduk di Senayan, memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk daerah kita tercinta Provinsi Riau dan terkhusus Kabupaten Rokan Hilir,” tuturnya.